Beranda PENDIDIKAN Inilah Upaya PT KTU Demi Menjaga Mutu Sekolah Binaan Dimasa...

Inilah Upaya PT KTU Demi Menjaga Mutu Sekolah Binaan Dimasa Pendemi Covid 19

31
0

SIAK – Komitmen PT Astra Agro Lestari (Astra) dalam memajukan dunia pendidikan patut diapresiasi. Meski di masa pandemi covid 19 ini, melalui anak perusahaannya PT. Kimia Tirta Utama (KTU) yang beroperasi di wilayah Kabupaten Siak, Provinsi Riau tetap berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah-sekolah negeri yang menjadi binaannya.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam peningkatan mutu pendidikan yakni dengan menyelenggarakan kegiatan “Training Komite Bisa” dalam bentuk virtual. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 9 – 10 November  2020 ini melibatkan 3 sekolah negeri dan 3 sekolah swasta dari jenjang TK, SD, SMP yang merupakan  sekolah binaan ring 1 PT. Kimia Tirta Utama.

Sebanyak 79 orang peserta yang terdiri dari Kepala sekolah, guru,  dan komite sekolah dari 6  sekolah yang menjadi peserta kegiatan training virtual ini  aktif dalam mengikuti kegiatan.

Achmad Zulkarnain , selaku Administratur PT. KTU  pada saat membuka kegiatan Training Komite Bisa meyampaikan bahwa  kegiatan ini merupakan bagian program perusahaan yaitu Astra Cerdas, dalam rangka mendukung kemajuan pendidikan anak dengan harapan kedepannya mempunyai semangat untuk maju pantang menyerah walaupun dalam masa pandemic disaat sekarang ini.

“Di Era Revolusi industry 4.0, kita harus meningkatkan kompetensi tehnologi Digital, dan kita juga harus bisa menyesuaikan dengan kemajuan zaman dan berkarakter ,kemajuan pendidikan bertumpu pada kualitas sumber daya yang ada dengan meningkatkan Kompetensi guru – guru dalam pengetahuan Digital, dan harapanya dapat di aplikasikan kepada peserta didik sehingga akan terbentuk Digital Leadership. Oleh karena itu, perusahaan khususnya Astra Agro Lestari(AAL) melalui Program Astra Cerdas tetap berkomitmen maju bersama dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang bermutu sehingga keberadaan perusahaan dapat memberi kontribusi positif untuk masyarakat sekitar khususnya dalam bidang pendidikan, “kata Ahcmad Zulkarnain.

Lanjut Ahcmad Zulkarnain lagi, Tujuan diselenggrakannya kegiatan training Komite Bisa ini, diharapkan agar dapat terjalin sinergitas antara pihak orang tua, komite sekolah  dengan pihak sekolah yang lebih baik sehingga mutu pelayanan pendidikan yang diharapkan masyarakat semakin lebih baik.

“Melalui training ini diharapkan peran serta orang tua, komite sekolah dengan pihak sekolah dapat bekerjasama dalam keberlangsungan pendidikan meski dalam masa covid ini,” Pintanya.

Dalam Kegiatan tersebut  dihadiri oleh H. Lukman  selaku Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga Kabupaten Siak, Kabid Dikdas SMP Fakrurozy ,Sutikno Korwil Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Koto Gasib ,Intan Nurcahayani (Education & Sosial Engagement Departement) dari Head Office Jakarta, Dedy Kustiawan selaku KTU PT .KTU , Azra Husaini (CDOPT .KTU ),Slamet Riyadi  (Sosial Engagement Asisten  PT . KTU ).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikandan Kebudayaan Kabupaten Siak mengucapkan  berterima kasih dan mendukung kegiatan pelatihan komite dan guru ini agar meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah di kabupaten Siak khususnya di Kecamatan Koto Gasib .

“saya berharap perusahaan di bawah naungan PT Astra Agro Lestari  tetap  berkomitmen dan  maju bersama dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang bermutu di wilayah kabupaten Siak  sehingga dapat memberi kontribusi positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar perusahaan pada saat pandemic seperti ini, “harap H Lukman.

” Kepada semua peserta agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan training dan dapat diaplikasikan di sekolah masing-masing,”sambung Lukman  saat menyampaikan sambutannya.

Sementara, Slamet Riyadi Sosial Engagement Asisten PT. KTU  selaku panitia pelaksana kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan training virtual “komite bisa” merupakan kegiatan training yang pertama kalinya dilakukan dalam bentuk virtual dengan menggunakan aplikasi Meeting Zoom.

“Training virtual ini guna mendukung kebijakan dari Manajemen untuk seluruh anak karyawan melakukan pembelajaran melalui sistem BDR (Belajar Dari Rumah).

Slamet Riyadi juga berharap, Komite Sekolah dapat berinergi dalam pelaksanaan BDR. “Saat ini, komite sekolah perlu mengingatkan kembali bahwa keselamatan dan kesehatan anak-anak dan keluarga adalah hal yang utama.

Lanjut, Kepedulian perusahaan juga ditunjukkan dengan pemberian bantuan media pembelajaran software sebagai upaya mendukung  proses pembelajaran sistim Daring (dalam jaringan) dan Luring (luar jaringan) yang dapat diaplikasikan dalam proses BDR sehingga memudahkan guru dan siswa baik di sekolah internal maupun sekolah negeri binaan dalam mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu dan berkualitas  meski dalam masa pandemi Covid 19, “tutupnya. (*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here