PT RAPP Bersama Pemkab Siak Penandatanganan MoU Program Desa Bebas Api dan MoU Stunting

DAERAH, SIAK10 Dilihat

SIAK- Penandatangan MoU dan penyerahan penghargaan program Desa Bebas Api dan Penandatangan kesepakatan bersama kolaborasi percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Siak antara Pemkab Siak bersama perusahaan PT Riau Andalan Pulp and Paper(RAPP) dan Yayasan Bakti Tanoto Foundation.

Penandatangan kerjasama Dan penyerahan penghargaan program Desa Bebas Api ini di lakukan di ruang rapat Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak. Kamis, 23Juni 2022.

Kegiatan ini adalah bukti dari komitmen PT. RAPP atau Grup APRIL dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui keterlibatan masyarakat dan para pihak untuk mencapai misi “zero fire” atau yang kerap disebut nihil kebakaran lahan, serta komitmen perusahaan ikut mendukung Program pemerintah dalam mendukung penurunan angka Stunting khususnya di Kabupaten Siak bersama dengan Tanoto Foundation.

Dalam kegiatan ini dihadiri Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M. Si, Kapolres Siak, AKBP Gunar Rahardiyanto S.I.K., M.H, Dandim 0322 / Siak melalui Kasdim 0322/Siak Mayor Inf Suratno dan Kepala BPBD Kabupaten Siak, OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.

Selain itu juga, turut hadir Craig R. Tribolet, Sustainability Operations Manager, Dani Sumitran, Forest Protection & Conservation Manager, Samsuriya M. Hasyim, SHR Manager, Sundari Berlian, Community Development Operation Manager.

Direktur PT. RAPP Mulia Nauli kata sambutannya mengatakan, Program Desa Bebas Api yang telah laksanakan sejak tahun 2014 ini terdiri dari beberapa program, seperti memberikan bantuan dan dukungan untuk pembersihan lahan untuk bertani atau bercocok tanam tanpa harus membakar dan tentun saja meningkatkan kesadaran masyarakat melalui sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta memberikan penghargaan kepada desa yang tidak mengalami kebakaran lahan.

“Karena berhasil mencegah lebih baik dari pada memadamkan. Berkat kerjasama dan peran serta pemangku kepentingan, sejak diluncurkan program Desa Bebas Api atau Fire Free Village (FFVP) ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar sehingga bersama-sama kita dapat menurunkan angka kebakaran hutan di Provinsi Riau, khususnya di desa-desa yang mengikuti Program Desa Bebas Api yang kita cintai ini”. Ujarnya.

Mulia Nauli mengatakan, Diawali sejak tahun 2014 lalu, hingga hari ini telah 8 tahun PT RAPP telah bermitra dengan 39 desa/kelurahan di 5 Kabupaten di Provinsi Riau, 4 desa diantaranya di Kabupaten Siak dengan total cakupan wilayah mencapai 803.684 hektar yang telah berpartisipasi dalam Program Desa Bebas Api.

“Program Desa Bebas Api ini telah berhasil menurunkan tingkat kebakaran dari 4,279 ha pada tahun 2013 menjadi 532 ha pada tahun 2021 di desa yang ikut program Desa Bebas Api.”sebutnya.

Program Desa Bebas Api memiliki lima elemen yaitu, Penghargaan kepada desa yang tidak terjadi kebakaran selama 3 bulan berturut dalam periode musim kemarau. Keterlibatan
Forest Protection Ranger untuk mendukung pencegahan kebakaran. Memberi dukungan untuk pembukaan lahan dengan peralatan pertanian. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya pembukaan lahan dengan cara membakar. Serta, pemantauan kualitas udara melalui perangkat PM10 di 7 lokasi di Provinsi Riau.

Mulia Nauli menambahkan, pada Tahun 2021 kemarin masyarakat Teluk Lanus juga telah berhasil menimalisir kebakaran hutan dan lahan di Kampungnya kurang 1 dari ha, oleh karena itu PT RAPP akan memberikan apresiasi atas upaya dan kebersamaan yang ditunjukkan oleh masyarakat dengan dana pembangunan infrasruktur sebesar Rp 50 juta.

“Kami juga ingin memberikan penghargaan kepada 3 Kampung di Kabupaten Siak yaitu Lubuk Jering, Kampung Olak, Kampung Dayun yang mana telah sukses dalam Program Desa Bebas Api untuk menekan angka kebakaran di desa-desa tersebut sejak 2017- 2022.”sebutnya.

“Kami menyadari bahwa pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini tidaklah akan berhasil tanpa dukungan dari semua pihak, terutama pada masyarakat, dan kita mengajak semua pihak untuk dapat bersama-sama melakukan pencegahan ini.”imbuhnya.

Lap(Rif)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.